dadang kurniawan

Antivist

Emosi dulu baru konfirmasi!

kemarin gw abis nongkrong ama anak-anak “sikedelik” di cortado, cafe yang biasanya gw lewatin tiap kali nge-gym di emporium gym square, sampe akhirnya kemarin gw nyobain nongkrong bareng, tempat nya enak, cozy, asik buat cengengesan ama ngobrolin hal-hal absurd sambil minum-minum teh lucu, menunya juga banyak, mulai dari cemilan ampe makanan yang buat rame-rame, ada wifinya nya juga yang bisa buat streamingan episode terbarunya kamen rider build ato download pake torrent, cocok banget buat anak jelata yang sukanya nongkrong tapi ngirit kaya gw.

tapi yang mau gw bahas bukan soal tempatnya si, tapi lebih ke system operational transaksi yang mereka gunakan dan betapa kocaknya hal yang gw lakukan.

***

singkat cerita, gw udah mau balik dan mau bayar ke kasir, karena gw ngga bawa uang cash lebih, gw pake debit untuk payment methodnya, setalah kartunya digesek-gesek ke mbak nya, maksudnya ke mesin EDC sama mbak kasir nya, print out struck nya blank alias kosong, terus si mba kasirnya minta digesek ulang, eh maksudnya kartunya digesek ulang buat didebit, “lho, bukanya tadi udah ya mba? kalo debit lagi kena dua kali dong?” gw nanya, “nggak pak, yang tadi kertasnya salah, kebalik, jadi transaksinya batal” si mbak kasirnya jawab sambil salting, *mungkin grogi karena ketamvanan gw #halah dan fak gw dipanggil bapak.

terus si mbak nya scan ulang kartunya ke mesin EDC dan gw masukin PIN kaya biasa, kali ini print out struknya berhasil.

***

besok siang nya, gw check account statement direcening gw, ternyata ada dua record yang muncul dengan keterangan “KARTU DEBIT 26/9 THE CORTADO”, “si anyeung gw ditipeng” umpat gw dalam hati, “sh*t!, dasar kasir k*mpret” gw tambah ngebatin. emang si nominal nya ngga gede-gede amat, tapi cukuplah buat beli seblak 14 porsi di akang-akang gerobak yang biasa jualan depan binus syahdan tiap jam 7 ampe jam 12 malem.

gara-gara kejadian ini gw jadi ngga bisa mikir, gw ngga bisa kerja, gw ngga terima, gw jadi ngga productive, gelisah, badan gw begeteran, jantung gw berdetak lebih kencang seperti genderang mau perang. sh*t!, ternyata gw lupa belum makan siang XD.

sebagai developer budak korporate yang di assign sebagai annalyst (bukan penganal), otak gw langsung mikir cabul, bukan, maksdunya otak gw langsung mikir soal algorithm yang mereka gunakan diprocess flow yang biasa gw bikin pake bonisoft dengan icon actor unyu-unyu ala font awesome beserta test case nya untuk urusan point of sales kalo ada case transaksi kaya gini kejadian, harusnya system mereka punya feature untuk refund/void, soalnya integrated ama case draw yang tiap closing shift atau closing store akan muncul cashier report yang otomatis ke generate untuk in out balance nya, jadi ketauan detail transaction hari itu ada berapa banyak, surplus atau defisit, jadi kalo misalnya gw nge-claim bahwa pembayaran gw ke-debit dua kali, gw bisa ngomong base on data *muahahahaha* , senggaknya gw bisa refund ato minimal dapet credit store.

***

abis isya tadi, gw ke cortado lagi mau complain dan minta refund, gw jalan kaki lewat hajj monday street (jl haji senen) karena jarak dari kosn gw deket, sepanjang jalan gw mikirin kalimat apa yang akan gw ucapkan ke mbak kasirnya sesampainya disana, apakah gw harus marah-marah atau bersikap manis manja kaya kids milenial unch-unch jaman now, gw juga mikirin kira-kira hal apa yang gw lakukan kalo mereka ngga mau terima complain-an gw dan mereka manggil security buat ngusir gw keluar, just in case hal-hal macam ini kejadian, nanti gw mau bilang kalo gw adalah orang yang punya segudang exposure yang bisa ngerusak credibility mereka dengan cuma posting bad rating disocial media *muahahahahahahah*
tapi gw pikir, coba pake cara halus dulu aja lah, jadi orang jumawa ngga baik, banyak dosanya, nanti rezekinya susah, susah dapet koneksi, nanti susah dapet kerja, nanti jadi budak korporate yang jelata kaya gw, akhirnya pulang kampung nernak lele #halah.

***

“mbak, saya mau refund, kemarin ke debit 2 kali”, gw bilang dengan penuh sopan santun dan menahan rasa kesal setelah mbak kasirnya bilang “ada yang bisa dibantu om?” sh*t! (setelah kemarin dipanggil bapak sekarang gw dipanggil om).

“kasirnya atas nama `SAYA` bukan?” tanya mbak kasirnya, “iya” gw jawab sambil nyodorin struck dan print out debit yang udah gw cetrek pake steples supaya ngga kabur ketiup angin badai penderitaan.

“ini mash, kemarin salah jadi kedebit 2 kali maaf ya”, kata mbak kasir dengan senyum manis sambil nyodorin kedua tanganya untuk digenggam #eh, bukan, dia nyodorin uang cash beserta struck refund nya. gw cuma mesem-mesem bahagia sambil menahan malu, mesem-mesem karena dipanggil “mash” dan malu karena overthinking.

gw overthinking bukan tanpa sebab, gw udah sering banget ngerjain project ERP dan POS kaya gini, case yang sering banget gw temuin waktu collect requirement diretail atau kedai-kedai kopi yang baru mau implementasi system adalah cash draw balance ama stocking yang sering banget defisit, ya gw taulah masalah nya dimana, masih banyak kasir-kasir yang ‘nyari tambahan’ lewat cara-cara kaya gini, ada yang naikin margin harga barang tanpa persetujuan pemilik, ada yang nilep faktur penerimaan barang, ada yang pake cara debit beberapa kali, ada yang pake cara ‘ngga ada kembalian’, ada juga yang nilep surplus dari closing store supaya nilainya pas, mereka aman, karena ngga ke trace kaya gebetan yang mulai ngasih harapan terus menghilang tanpa kabar.

satu case yang paling crazy banget menurut pengalaman gw, dulu ada petugas gudang yang nilep faktur penerimaan barang ampe puluhan juta, barang yang ditilep ngga banyak si, cuma obat-obatan farmasi satu dua doang tiap penerimaan, tapi harganya mahal banget, yang amezing nya, barangnya udah ngga ada tapi udah dalam bentuk uang, jadi barangnya dia jual-jualain, duitnya ditabung buat modal kawin #fak, tau kaya gitu mending jadi sales MLM ato agen asuransi aja, cari downline yang banyak, kasih motivasi supaya sehat sejahtra, ketahuan skill salesnya jago, ngga perlu ampe tercyduck yang bikin malu dan ngerusak reputasi kaya gitu *look what you made you do mash #halah wkwkwkwk

tapi thanks banget buat cortado dengan system transaksinya yang baik banget, gw bakal sering-sering nongkrong sambil streamingan kamen rider build ama download supernatural season terbaru pake torrent, dan jadi salah satu tempat tongkrongan yang gw rekomendasikan untuk anak-anak sekitaran binus syahdan dan anak-anak yang kesepian sepanjang malam dan sibuk berkutat dengan dead line sambil meratapi nasib tentang arti kehidupan wkwkwkwk

%d bloggers like this: